bebas baca sepuasnya, namanya juga bebas tugas 😁 😀

FAKTA UNIK TULANG KERANGKA MANUSIA

FAKTA UNIK TULANG KERANGKA MANUSIA


Tulang merupakan bagian tubuh manusia yang sangat penting fungsinya dalam tubuh kita.
Selain berfungi sebagai kerangka penyusun tubuh kita, tulang juga berfungsi sebagai tempat melekatnya jaringan otot serta berbagai jenis organ yang ada pada tubuh manusia.

Kali ini akan membahas mengenai "Fakta Unik Kerangka Manusia".
kalo agan penasaran silahkan lanjut kebawah.


1. Tulang Paha


Paha



Fakta yang satu ini akan terdengar sedikit aneh dan agak mengejutkan bagi para agan dan sista sekalian. Bagaimana tidak, Penelitian membuktikan bahwa tulang paha adalah salah satu tulang manusia yang kekuatannya setara dengan kekuatan sebatang beton utuh, sangat mengagumkan bukan! Tulang paha manusia juga menjadi satu-satunya tulang manusia yang paling panjang diantara tulang manusia lainnya.


2. Tulang Wajah manusia

wajah


Tulang pada wajah manusia itu mempunyai 14 keping bagian tulang, yang berfungsi untuk melindungi organ otak beserta saraf-saraf penting dari resiko benturan. Pada Tulang wajah kita seperti bergerak terus menerus sesuai dengan berjalannya waktu. Itulah sebabnya Tulang wajah manusia akan semakin nampak cekung seiring bertambahnya usia manusia.


3. Tulang Leher Manusia

leher


Tulang leher manusia memiliki kesamaan dengan tulang leher seekor jerapah. Namun jangan salah tafsir dulu, maksudnya disini bukan soal ukurannya, melainkan jumlah ruasnya.
Penelitian berhasil menyimpulkan bahwa tulang leher manusia dewasa itu memang memiliki jumlah ruas leher yang sama dengan seekor jerapah jantan dewasa.


4. Tulang yang bernama "Funny Bone"

funny



Ada satu tulang pada manusia yang terkenal dengan nama " Funny Bone" atau dalam bahasa indonesia adalah "Tulang yang Lucu". Tulang ini berada di ujung siku kita, yaitu berupa adanya tonjolan yang agak runcing. Ketika kita meraba tulang ini, maka akan terasa keras.
 Namun tulang Funny Bone ini adalah sekumpulan saraf-saraf Ulnaris  serta lapisan sejumlah otot.
kenapa diberi nama "Funny Bone" ini dikarenakan apabila kita dengan sengaja memukul bagian ini, maka kita akan merasakan sensasi kejang-kejang cepat. Layaknya seperti tersengat Listrik bertegangan rendah. Karena itulah dinamakan Funny Bone


5. Tulang Rusuk

rusuk


Bagian tulang ini adalah Tulang yang bekerja tanpa henti. Tulang rusuk bisa bergerak secara terus menerus lebih dari 5 juta kali dalam setahun. gerak ini difungsikan untuk mendukung sistem pernapasan pada manusia yang dilakukan tanpa henti seumur hidupnya.


MAKASIH UDA MAMPIR AGAN AND SISTA.



Sumber : Klik Link
kaskus.com
Penulis : firman.tambun (Kaskuser)

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment