bebas baca sepuasnya, namanya juga bebas tugas 😁 😀

Jangan Minum Teh Pagi Hari saat Perut Kosong, Ini 10 Alasannya

Jangan Minum Teh Pagi Hari saat Perut Kosong, Ini 10 Alasannya

ilustrasi hindari minum teh saat perut kosong (Everyday Health)


Salah satu cara nikmat menyeruput secangkir teh biasanya dilakukan pada pagi hari. Tapi ingat, minum teh ada baiknya dilakukan sesudah makan. Sebab, tubuh akan memberikan respons yang tidak baik jika teh diminum dalam keadaan perut yang kosong.

Dilansir dari Boldsky, Selasa (6/3), ada sejumlah dampak negatif ketika meminum teh hangat di pagi hari dalam keadaan perut kosong. 

Ganggu Aktivitas Metabolik 
Minum teh pada saat perut kosong di pagi hari akan mengganggu sistem metabolisme karena meningkatkan ketidakseimbangan zat asam dan basa di perut. Hal ini dapat mengganggu aktivitas metabolisme tubuh secara teratur.

ilustrasi hindari minum teh saat perut kosong (Istimewa)


Erosi Enamel Gigi
Konsumsi teh pagi bisa mengikis enamel gigi. Hal ini terjadi karena bakteri di dalam mulut akan merusak gula, yang menyebabkan peningkatan kadar asam di mulut yang pada akhirnya menyebabkan erosi pada enamel di gigi.

Dehidrasi 
Teh bersifat diuretik yang dapat menghilangkan air dari tubuh. Saat bangun pagi, tubuh sudah mengalami dehidrasi karena tidur delapan jam tanpa air. Dan saat minum teh, bisa menyebabkan dehidrasi berlebihan yang menyebabkan kram otot.

Kembung
Banyak orang merasa kembung di perut saat mereka minum teh apalagi teh susu. Hal itu terjadi karena kandungan laktosa tinggi dalam susu yang dapat memengaruhi usus kosong. Hal ini pada gilirannya menyebabkan sembelit dan gas.

Bisa Sebabkan Mual 
Minum teh tidur setelah bangun tidur bisa memengaruhi aktivitas empedu di perut. Hal ini bisa menyebabkan mual.

Teh Susu Bisa Jadi Tak Baik
Minum teh susu bisa membuat merasa lelah di pagi hari. Minum teh susu di pagi hari bisa membuat seseorang merasa rewel dan terganggu.

Teh Hitam 
Teh hitam mungkin bermanfaat bagi kesehatan tapi minum teh hitam bisa menyebabkan kembung dan bisa menurunkan nafsu makan.

Kecemasan 
Efek ini dapat menyebabkan kegelisahan dan masalah tidur. Jika berencana untuk minum teh di pagi hari, sebaiknya setelah sarapan.

Mengurangi Penyerapan Zat Besi 
Teh hijau dapat menurunkan kemampuan tubuh menyerap zat besi secara alami. Jadi, orang yang menderita anemia seharusnya tidak minum teh saat perut kosong karena bisa menurunkan tingkat penyerapan zat besi di tubuh dari sumber makanan lain.

Sumber : Klik Link

JawaPos.com

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment